Jangan Banyak Minum Air Putih, Justru Berbahaya!



Air adalah mineral sekaligus nutrisi yang baik untuk memenuhi cairan tubuh. Air putih yang kita konsumsi setiap hari mampu membantu melancarkan aliran darah, menghilangkan dahaga, mengembalikan cairan yang hilang dan masih banyak manfaat air bagi tubuh kita. Tetapi tahukan kamu berapa banyak konsumsi air putih yang dianjurkan oleh ahli kesehatan? yah, 8 gelas atau setara dengan 1.5 liter air putih setiap harinya. Bila kita telisik, mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas per hari memiliki khasiat sangat baik bagi tubuh. Tetapi perlu kamu harus tahu, bila mengkonsumsi air putih dalam dosis tinggi (lebih dari 2 liter per hari) bisa berbahaya bagi kesehatan kamu. Apa saja akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi air putih? Berikut penjelasannya:


Darah Encer.
Kondisi ini bisa disebut dengan Hiponatremia yaitu komdisi yang disebabkan karena kadar garam dalam darah berada dibawah normal. Garam atau natrium sangat penting untuk tubuh, jadi bila kadar garam dalam darah menurun akan menyebabkan volume darah menurun, membuat tekanan darah juga menurun tetapi membuat denyut jantung meningkat tajam. Hiponatremia akan mengakibatkan kepala terasa sakit, mudah lelah, hingga menyebabkan disorientasi mental.

Menyebab kerusakan ginjal
Pada dasarnya ginjal kita bekerja sebagai alat penyaring. Ginjal memantu menyaring cairan yang mengalis didalam tubuh. Terlalu banyak minum air putih, akan membuat kinerja glomerulus (bagian penyaring cairan dalam ginjal) semakin meningkat hingga melewati batas wajar. Kejadian ini justru akan merusak glomerulus ginjal dan memperburuk kerjanya. 

Pembengkakan otak.
Hindari minum air putih terlalu banyak karena bisa mengakibatkan pembengkakan pada otak. Air yang mengalir dalam sel-sel otak akan mengakibatkan otak membengkak. Akibatnya, kondisi ini ditandai dengan adanya gangguan pernafasan, tubuh kejang, koma, otak mengalami kecacatan, dan yang lebih parahnya lagi dapat berujung pada hidup seseorang.

Membuat tubuh dipenuhi racun
Jangan mengira bahwa mengkonsumsi banyak air dapat membantu menetralkan racun didalam tubuh kita. Memang benar bila dikonsumsi air putih dalam batas sewajarnya bisa membantu. Tetapi perlu diingat, mengkonsumsi air berlebih atau lebih dari 2 liter per hari justru akan mengganggu fungsi organ tubuh  dalam menyaring racun. Organ tubuh juga tidak akan berfungsi dengan baik.


Demikian alasan mengapa kita harus menghindari meminum banyak air putih setiap harinya. 

1 komentar: