5 Cara Amankan Data Perusahaan di Cloud


Aplikasi cloud akan mempermudah pengguna untuk menyimpan semua data secara gratis tanpa membutuhkan sebuah driver untuk mengamankan data-data penting. Aplikasi cloud cukup lama digunakan oleh perusahaan Apple, Amazon dan Microsoft untuk meningkatkan standard terbaik bagi masyarakat. Ketiga perusahaan besar tersebut berperan penting bagi penyedia layanan cloud di seluruh dunia.
Meskipun sempat mengalami kejadian tidak menyenangkan mengenai perentas di masa lalu, menurut Alert Logic, serangan pada cloud akan meningkat sebanyak 45%. Maka dari itu cara agar bisa amankan data cloud yang baik adalah langkah lebih utama supaya perusahaan terhindar dari perentas yang memudahkan jalan untuk membocorkan data penting dan rahasia.

Berikut cara amankan data cloud yang baik dan benar.




Memahami lingkup Cloud.
Ketika memahami lingkup cloud dengan tiga pihak, kita harus memperhatikan beberapa hal diantaranya: cloud vendor, penyedia layanan cloud dan perusahaan uang, menggunakannya dan bekerja samalah dengan baik dengan vendor. Karena cloud adalah teknologi yang bersifat dinamis, maka penggunaan vendor sangat penting untuk bisa melakukan pembaharuan secara berkala pada sistem keamanan. Dengan ini, maka perusahaan tidak perlu khawatir lagi akan adanya perentas yang masuk.

Coming soon >> Ruang Lingkup Cloud




Sesuaikan sistem keamanan pribadi.
Saat menggunakan cloud, yang perlu diperhatikan adalah pertimbangan di dalam memperkuat sebuah sistem keamanan pribadi. Caranya cukup sederhana yakni dengan memberi akses pada pekerja perusahaan sesuai dengan jabatan. Percayakan kepada staf atau anggota yang mmiliki kredibilitas penuh terhadap perusahaan. Dengan begitu ketika ada data akun staf lain yang di curi, maka perusahaan masih memiliki satu lapisan keamanan ekstra.

Menggunakan Enkripsi.
Ada baiknya menggunakan enkripsi ketika sedang melakukan sebuah transfer ke email dan file untuk meindungi semua informasi berupa data penting perusahaan. Cara tersebut dapat mempersulit gangguan dari pihak lain untuk membaca data yang mereka curi. Cara untuk bisa amankan data cloud dengan menggunakan enkripsi, bisa dilakukan dengan bertanya pada cloud vendor mengenai skema enkrpsi yang dibutuhkan.

Gunakan perangkat virtual.
Cara amankan data cloud dengan perangkat keamanan virtual sangat berguna dalam melindungi data-data atau informasi penting di cloud. Sebaiknya gunakanlah layana cloud pribadi atau Clodu hybrid dengan begitu akan memudahkan pengguna mempertimbangkan produk virtual yang berfokus pada control regular.

Jangan menutup mata dengan Shadow IT.
Hindari penggunaan shadow IT karna layanan ini merupakan layanan cloud tanpa otorisasi dari perusahaan. Shadow IT tersebut kemungkinan besar dapat membuat data secara tidak disengaja terunduh ke perangkat.