Twitter merupakan salah satu media sosial
yang penggunanya cukup besar di dunia. Walaupun tidak seterkenal facebook,
namun twitter tetap memiliki pengguna yang cukup besar, sehingga banyak orang
yang menjadikan twitter sebagi media untuk beriklan layaknya facebook. Seolah
tidak mau tertinggal dengan media sosial lainnya, Twitter terus mengembangkan
fiturnya dalam beriklan. Seperti pada pertengahan bulan September 2016 kemarin,
Twitter kembali mendengungkan layanan fitur self-service ads yang
ditujukan untuk industri usaha kecil dan menengah (UKM) dan juga usaha rintisan
(startup).
Layanan Self-service
ads Twitter adalah penggunaan fitur layanan iklan menggunakan media
sosial Twitter yang memungkinkan para pebisnis untuk dapat mengidentifikasikan
target bisnis yang sesuai dengan objektif bisnis yang dimilikinya. Selain itu,
pebisnis juga dapat menjalankan iklan pada Twitter tanpa harus
memiliki account representative.
Layanan fitur self-services
ads sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2013 di negara asalnya
Amerika Serikat yang kemudian disusul oleh Inggris, Irlandia, dan Kanada.
Melihat tanggapan positif dari para pebisnis online yang semakin banyak maka di
tahun 2015 self-service ads melebarkan layanannya hingga 200 negara
termasuk Indonesia dan telah mencapai lebih dari 100.000 pengiklan yang aktif
di dalamnya.
Kelebihan layanan self-service ads
twitter ada 3 macam, yaitu :
Memilih iklan sesuai kebutuhan
Pertama, Anda dapat memilih iklan yang akan
dijalankan sesuai dengan format yang dibutuhkan saat itu. Misalnya, Anda dapat
menggunakan website card jika ingin
mendapatkan traffic tinggi pada website, atau Anda dapat
menggunakan lead generation card jika ingin mendapatkan lead-lead target audiens dari
bisnis yang dijalankan.
Menyesuaikan target market
Kedua, Anda dapat menyesuaikan target
pasar dari bisnis yang dijalankan dalam Self-Service Ads ini.
Misalnya, Anda dapat menggunakan event targeting pada iklan yang akan
dijalankan dimana targeting disesuaikan dengan momen yang
memang sedang terjadi saat iklan dijalankan. Misalnya momen ketika
terdapat acara penghargaan dan sebagainya.
Analisa langsung
Ketiga, Anda dapat secara langsung
menganalisis hasil yang diperoleh dari iklan yang telah dijalankan saat
itu. Anda dapat memahami seberapa besar hasil yang diraih dari
jumlah anggaran yang dikeluarkan ketika menjalankan iklan dalam
periode tertentu, dan seberapa besar pengaruh iklan yang dijalankan terhadap
bisnis.
Ketika Anda akan menggunakan layanan Self-Service
Ads untuk memperluas awareness, hal yang Anda butuhkan
adalah sebuah akun Twitter dan kartu kredit. Akun Twitter digunakan
sebagai dasar penggunaan layanan ini, sedangkan kartu kredit digunakan sebagai
sistem penagihan dari penggunaan iklan pada Twitter.
Dalam penggunaan layanan self–service
ads melalui media sosial seperti twitter, format pemasarannya memanfaatkan
dinamika pengaruh sosial, seperti group, word of mouth, viral marketing untuk
mengarahkan rekomendasi dari teman ke teman yang lain. Kelebihan
layanan self-service ads twitter dalam penggunaannya secara
nyata adalah biaya yang dikeluarkan dalam pembuatan iklan ini jauh lebih murah
dari pada iklan pada media massa dan dengan hasil yang luar biasa mengingat
pengguna media Twitter yang mengalami peningkatan dari tahun ke
tahun.
1 komentar:
Titanium Athletics - Sports Training - TITONIA®
The T-T Institute of Athletics' facility was dental implants located at 6500 titanium flashlight US Route titanium spork 45, silicone dab rig with titanium nail Stateline, IN. T-T is proud to operate titanium 170 welder under the T-T