Teknik Mengganti Template Baru Blog Agar Visitor Naik



Bagi Anda yang suka mengganti template blog lama dengan yang baru tidak ada salahnya dipilih. Ada banyak pilihan template blog gratis yang bisa dicoba. Alasan mengapa orang-orang senang mengganti template blog yaitu agar tampilan blog mereka terlihat lebih menarik, desainnya keren, atau lebih seo friendly. Walaupun begitu mengganti template blog lama dengan template baru harus tetap bisa memberikan dampak positif bagi blog Anda.

Karena template merupakan pondasi utama sebuah web maka perlu perhatian ekstra agar template memenuhi kriteria seo dan disukai oleh mesin pencari. Artinya, semakin baik blog Anda maka semakin mudah bagi mesin pencari untuk menempatkan blog pada posisi terbaik. Bila sudah begitu, maka akan lebih mudah untuk mendatangka visitor.

Sebenarnya, mengganti template blog lama dengan yang baru itu sah-sah saja. Namun ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar tidak mempengaruhi performa blog. Bila salah teknik, maka akan berdampak menurunkan jumlah visitor blog.

Teknik Mengganti Template Blog Agar Visitor Tidak Turun

1. Pilih template blog yang baik dan berkualitas

Ada beragam template yang dapat Anda download secara gratis maupun premium. Namun sebelum Anda memutuskan memilih template blog, sebaiknya pilih template yang baik dan berkualitas. Artinya bukan template sembarangan da nasal-asalan. Beberapa kriteria template blog yang baik dan berkualitas yaitu:
- Ringan. Template yang ringan biasanya memiliki loading yang cepat. Semakin cepat loading blog Anda maka template blog semakin baik. Alasannya yaitu mampu menambah rankin pada Google dan lebih mudah untuk mendatangkan Visitor.

- Mobile friendly. Template blog akan sangat mudah di akses ke perangkat mobile karena tampilannya mudah dibaca karena sudah disesuaikan oleh lebar layar perangkat.

- Responsive. Template blog yang baik memiliki tampilan yang mampu menyesuaikan ukuran layar perangkat seperti layar tamblet, layar mobile dan layar PC. Jadi saat template diakses tidak harus menggunakan scroll layar kiri-kanan.

- Struktur data yang baik. Struktur data pada template secara tidak langsung memiliki kolerasi penting untuk seo. Bila struktur data error maka bisa berdampak pada jumlah visitor atau informasi pada blog tidak bisa dibaca oleh Google.

- Memiliki ukuran file minim. Ukuran file juga mewakili kemampuan struktur kode template dengan baik. Semakin kecil struktur file, maka semakin baik pula blog Anda.

2. Backup Kode dan Template Lama

Sebelum Anda memutuskan mengganti template blog lama dengan yang baru, maka jangan lupa untuk membackup template lama. Tujuannya agar bila saat penggantian template tidak ada error.  Sama halnya dengan backup template, memindahkan kode penting juga harus diperhatikan. Contoh kode penting berupa meta yang mampu menyimpan informasi penting blog agar mudah dipahami oleh Google Bot (robot mesin pencari) seperti <head> dan </head>. Beberapa kode penting template blog adalah:
- Meta tag. Jangan sampai meta tag lama berbeda dengan meta tag baru. Atau usahakan sama.

- Kode verivikasi Tool, Big Websmaster dan Alexa. Jangan lupa pindahkan kode verivikasi google dan big websmaster tool bila blog belum memiliki kode verifikasi. Lakukan verivikasi kode agar lebih mudah dikenali oleh mesin pencari.

- Kode opengraph dan twittercard. Bila perlu Anda bisa memindahkan kode ke opengraph dan twittercard dengan cara buka dashboard editor html template lama, lalu buka template blog baru dengan notepad atau notpad. Bandingkan dan pindahkan kode-kode penting blog lama ke blog baru, lalu simpan.

3. Uji coba blog baru dan pilih pada jam sepi pengunjung

Langkah penting selanjutnya adalah uji coba blog baru untuk memastikan template blog baru bekerja dengan baik. Sebaiknya dalam mengganti template blog, pilihlah jam yang sepi pengunjung biasanya jam 1-4 pagi. Hal ini bertujuan agar tak mengganggu kenyamanan pengunjung dan tidak mengganggu kerja Googlebot.

4. Lakukan update artikel sesering mungkin

Jangan lupa untuk mengupdate artikel secara berkala atau sesering mungkin. Hal ini agar mudah memancing googlebot sehingga blog Anda mudah terindex. Anda bisa menyiapkan beberapa artikel untuk diposting setelah template blog diganti dengan yang baru.