Ciri Mengetahui Template Blog yang Baik


Bila Anda tergolong masih pemula di bidang blogger tidak ada salahnya mengetahui cara memilih template blog yang baik. Walaupun ada ribuan template blog yang ada baik premium maupun free, tetapi Anda harus tahu pemilihan templaet blog mana yang aman dan baik untuk blog. Pemilihan templaet blog yang baik itu bertujuan supaya nantinya blog Anda tidak mengalami kendala pada jumlah visitor maupun mesin pencari. 

Kualitas Blog yang baik bisa dilihat dari optimasi blog yang optimal, mudah mempertahankan eksistensi blog, meningkatkan SEO blog, dan ramah bagi mesin pencarian. Ciri utama templaet blog Anda baik yaitu:

#Ringan
Template blog Anda harus seringan mungkin agar loading tidak mempengaruhi. Semakin cepat loading maka semakin baik untuk template blog bekerja. Semakin cepat loading, maka semakin mudah bagi visitor membaca artikel Anda.  Bagaimana mengetahui template blog Anda ringan? Anda bisa menggunakan tool untuk membantu mengetahui kualitas keringaan suatu blog. 

Google Page Speed tool
Anda bisa menggunakan analisa dengan Google page speed tool. 


Masukkan url blog Anda lalu klik ANALYZE dan tunggu hingga proses selesai.



Catata: 
Bila menunjukkan warna hijau dengan rentan 100/100 itu artinya template paling baik. Sebaliknya bila menunjukkan warna merah atau kuning maka ada yang perlu diperbaiki. 


GTMetrix
Tool ini memiliki fungsu yang sama dengan page speed tool. Anda bisa membuka link https://gtmetrix.com/


Silahkan masukkan alamat url dan klik Analyze.



#SEO Friendly
Template blog yang baik juga harus mendukung seo friendly. Blog Anda harus ramah terhadap mesin pencarian agar mudah dicari. Blog harus memiliki struktur yang baik agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google, yahoo dan sebagainya. Cara mengetahui tempalet blog itu SEO yaitu:

Buka tool chkme dengan klik http://chkme.com/page-seo-tools


Masukkan url blog dan klik Check. Tunggu hingga proses selesai. Bila hasilnya kurang dari 100% maka Anda harus memperbaikinya. Sebagai catatan, nilai seo dengan tool ini sangat dipengaruhi oleh postingan blog Anda terutama gambar. Gambar yang baik tidak harus berukuran besar dan sebaiknya kompres gambar ke ukurang yang lebih kecil. Tambahkan juga atribut title dan alt tag. 

#Responsive Template
Selanjutnya template blog haruslah responsive. Anda bisa gunakan tool khusus seperti Responsinator. Caranya klik link http://www.responsinator.com/


Masukkan url blog lalu klik Go. Dalam tool menunjukkan tampilan beberapa template yang responsive seperti tampilan mobile, tablet atau pc. 


#Struktur Data yang Baik
Selanjutnya tampilan blog bisa diketahui baik tidaknya bila kita tes dengan mengetahui struktur data atau schema markup. Caranya klik https://search.google.com/structured-data/testing-tool/u/0/ lalu masukkan url blog Anda dan jalankan tes.





Tanda merah yang ditunjukkan berarti masih ada kesalahan data yang harus diperbaiki. Cara memperbaiki struktur data yang masih error.

Demikian cara cek template blog yang benar. Semoga bermanfaat.