Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta pada YouTube Channel


Hak cipta adalah hasil karya yang wajib diapresiasi dan dilindungi. Berbicara mengenai hak cipta, YouTube Channel memiliki kebijakan adil yang bersifat melindungi karya dari para penggunanya. Bagi kamu yang merasa menjadi pengguna setianya tentunya harus tahu kebijakan-kebijakan apa yang dimiliki Youtube sekaligus menyiasati cara menghindari pelanggaran hak cipta pada channelnya.

Pernahkah kamu menemukan sebuah kejadian dimana pengguna Youtube lainnya oleh Youtube. Video yang diupload tersebut diklaim oleh Youtube memiliki hak cipta milik pihak ketiga sehingga video tersebut tidak dimonetasi. Nah, supaya kejadian tersebut tidak terjadi padamu, sebaiknya ketauhi bagaimana cara menghindari pelanggaran hak cipta agar video tidak mudah diblokir oleh Youtube Channel.


  • Buat Video Se-Original Mungkin

Cara menghindari pelanggaran hak cipta ini merupakan cara praktis dan sportif pertama yang mudah dilakukan. Selain dpat menghindarkan dari masalah klaim, video hasil rekaman sendiri dinilai lebih professional dan layak untuk dipublish. Youtube sangat menyarankan agar kamu menghasilkan video hasil karya sendiri dan buka plagiat dari video yang sudah ada. Selain itu, kamu juga akan terbebas dari klaim pihak ketiga sehingga video kamu tidak terkena aturan pencurian hasil karya orang.

  • Lakukan Pengeditan Video Secara Profesional

Agar video kamu dianggap hasil karya sendiri, kamu bisa menambahkan dengan beberapa komponen seperti menambahkan klip video, menambah atau mengurangi durasi video, memotong atau mengkombinasi video, menambahkan efek seperti suara atau music, dan sebagainya. Kenapa kamu disarankan mengedit video? Youtube memiliki sebuah system detector canggih yang mampu melindungi setiap hak cipta milik penggunanya. Youtube pun dapat mendeteksi konten mana yang milik pihak ketiga hanya dari potongan klip video atau suara. Jadi kamu harus benar-benar tahu mana konten video yang memiliki hak cipta.

  • Pahami Tentang Lindungan Copyright

Kamu harus mampu membaca beberapa hasil karya yang mendapat perlindungan hak cipta dari Youtube. Beberapa diantaranya seperti karya audio visual (acara TV, film, video online), karya tulis ilmiah (artikel, dan buku), rekaman suara beserta komposisi music, dan karya video visual (game, drama). Bila video kamu menyertakan music milik orang lain, sebaiknya pilih music yang berlinsesi bebas agar tidak terkena klaim content ID.


Demikian tiga cara mudah bagaimana menghindari pelanggaran hak cipta pada Youtube Channel. Memanfaatkan Youtube untuk sarana hiburan sekaligus informasi bermanfaat sangatlah penting dan memuaskan. Tetapi untuk bisa menikmati fasilitas untuk bisa mengekplor kemampuan kita,  terkadang harus menghadapi kendala yang pengguna hadapi. Sebut saja klaim Youtube yang mungkin bisa mengintai kamu, bila tak berhati-hati. Semoga bermanfaat.