Cara Mudah Mengatasi Batera yang Lobet

sumber gambar: cdn1-a.production.liputan6.static6.com
Kini Smartphone adalah perangkat yang paling banyak digunakan. Ketika sedang mengoperasikan smartphone, kamu tahu bahwa baterai smartphone adalah komponen penting. Pengguna baterai diharus selalu dirawat agar masa pakainya tetap lama. Berikut 15 tips menghemat baterai Smartphone yang bisa kamu lakukan:

  1. Jangan biarkan baterai dalam keadaan kosong. Maksudnya isi ulang baterai sesegera mungkin supaya tetap awet dan tidak mudah boros.
  2. Atur kecerahan layar smartphone. Sesuaikan mode kecerahan layar dan jangan terlalu cerah. Lebih baik atur mode kecerahan secara manual dan jangan menggunakan Auto-Brightness.
  3. Matikan Vibrate (mode getar) yang bisa memakan daya lebih besar.
  4. Kurangi screen timeout atau waktu mati otomatis layar ke detik terendah misalnya 1 menit, 15 detik atau 10 detik saja.
  5. Matiken mode Internet (koneksi internet atau Wi-Fi) bila tidak sedang digunakan. Pilihlah salah satu mode koneksi internet.
  6. Matikan fitur yang tidak digunakan seperti fitur GPS, NFC, atau Bluethooth dan fitur-fitur khusus lainnya.
  7. Hapus widget aplikasi yang tidak diperlukan. Widget yang terhubung ke internet sepert facebook, twitter mudah sekali berkerja di 'balik layar' walau kamu sedang tidak membukanya. 
  8. Lakukan update secara berkala untuk mendapatkan performa perangkat yang lebih optimal. Smartphone diberi kemudahan canggih berupa update perangkat. 
  9. Saat berada di perjalanan jauh, kamu bisa memanfaatkan mode penerbangan untuk menghemat baterai Smartphone.
  10. Gunakan aplikasi penghemat baterai.
  11. Matikan ponsel bila jarang atau tidak pernah digunkan sama sekali.
  12. Cari lokasi yang memiliki jaringan atau sinyal ponsel kuat.
  13. Jangan letakkan ponsel di tempat yang panas seperti di dekat TV, atau perangkat elektronik lainnya.
  14. Matikan sinkronisasi ponsel untuk aplikasi, chating dan sebagainnya.
  15. Menghemat baterai Smartphone dengan gunakan baterai Original atau yang asli.

Demikian 15 tips menghemat baterai Smartphone. Untuk membantu mempermudah, kamu bisa memilih aplikasi penghemat baterai di smartphone yang memiliki aplikasi mobile yang mudah diunduh secara cepat dan gratis.