Manfaat Kunyit untuk Terapi pengobatan herbal Bronkitis


Kita dapat memanfaatkan Terapi pengobatan herbal Bronkitis dengan berbagai tanaman rempah yang tak asing lagi bagi kita, yaitu Kunyit. Penyakit Bronkitis sering menyerang pembulu halus yang terdapat di saluran pernafasan manusia. Penyakit ini bisa saja menyerang kapan saja dan sapa saja. Bila tak segera diatasi, peradangan penyakit Bronkitis dapat menyerang bagian selaput lendir. Akibatnya si penderita akan sulit mengeluarkan dahak, membuat saluran pernafasan menjadi sempit dan pada akhirnya penderita sulit untuk bernafas.

Penyebab utama penyakit Bronkitis dikarenakan terlalu sering merokok, sering mengirup debu kotor, polusi udara, seringnya menghirup zat kimia serta asap yang disebabkan oleh aktifitas industry. Adapun itu, sekitar 90% penderitanya disebabkan oleh adanya virus. Penyebab penyakit Bronkitis akan menimbulkan rasa sakit yang hebat pada paru-paru. Penyakit ini yang orang sering sebut dengan penyakit paru-paru basah.

Gejala penyakit Bronkitis bisa ditandai dengan beberapa perubahan dalam tubuh seperti sering batuk kering atau batuk berdahak, sesak nafas bahkan saat melakukan aktifitas ringan sekalipun, terjadinya infeksi pada saluran pernafasan (flu), sering sakit kepala, rasa tidak nyaman di area dada, lender berwarna kemerahan saat batuk berdahak, rasa gatal di tenggorokan dan nafas menjadi sulit. Penyakit kronis ditandai dengan pembengkakan di pergelangan tangan, kaki dan tungkai hingga mengalami gangguan penglihatan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab bila jeli kita bisa mencoba semua ramuan yang bisa mengatasi penyakit ini.

Terapi pengobatan herbal Bronkitis dengan Kunyit bisa dilakukan dengan cara berikut :
Siapkan bahan herbal berupa:
1 rimpang kunyit ukuran sedang,
¼ genggam daun patikan beserta tangkainya,
¼ genggam daun pegagan,
1 jari tangan bidara upas.

Cara meracik ramuan herbal dengan Kunyit:
Kupas terlebih dahulu kunyit. Selanjutnya cuci bersih dan iris tipis-tipis. Langkah selanjutnya rebus potongan kunyit bersama dengan bahan-bahan lainnya. Tambahkan 4 gelas air kemudian rebus bersama bahan hingga tersisa 3 gelas. Setelah dinging, saring lalu minum ramuan ½ gelas 3 x sehari. Minum setelah makan, dan lakukan 2 minggu berturut-turut.


Terapi pengobatan herbal Bronkitis dengan tanaman rempah alami seperti kunyit diatas dapat dengan mudah kita buat. Selain itu, tanaman kunyit di Indonesaia sangat banyak dan berlimpah. Tanaman rempah yang alami tersebut bisa juga dijadikan bumbu dapur istimewa ini ternyata mengandung  seuta manfaat baik untuk kecantikan dan kesehatan terutama mengatasi penyakit Bronkitis.