Cara Merubah Rasa Iri Menjadi Motivasi


Setiap manusia yang lahir ke dunia pasti memiliki rasa iri. Rasa iri tersebut merupakan sifat bawaan manusia sejak lahir yang sudah dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sifat iri adalah rasa seseorang yang tidak suka terhadap nikmat atau rejeki yang diterima oleh orang lain. Jika Anda tidak dapat mengendalikan rasa iri yang berlebihan dalam diri anda, maka akan menimbulkan dampak yang negatif dalam hidup Anda. walaupun rasa iri itu tercela namun bukan berarti tidak ada gunanya dalam kehidupan Anda. 

Seperti Firman Alloh SWT di dalam kitab suci Al Qur’an yang berbunyi  “tidak ada yang KUciptakan di dunia ini hal yang sia–sia”. Rasa iri dapat berguna memberikan info berharga bagi Anda karena dapat memberikan petunjuk atas apa yang Anda inginkan dalam kehidupan ini. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa ini, bahkan ada cara yang lebih baik untuk mengendalikannya dan justru dapat dijadikan motivasi (dorongan) untuk Anda agar berbuat yang lebih baik lagi. Jadi Anda jangan ragu memanfaatkan rasa iri yang ada dalam diri Anda untuk mendapatkan motivasi baru.

Berikut ini cara merubah rasa iri mejadi motivasi:

Lihat Ke Dalam Diri Anda
Rasa iri bukan terhadap orang lain, namun ke dalam diri sendiri. Anda merasa iri bukan karena keberhasilan atau hal yang dimiliki orang lain melainkan terhadap apa yang tidak Anda miliki. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menggali lebih dalam tentang diri Anda. Apa yang Anda inginkan, dengan merefleksikan dari pada rasa iri Anda. Lihat apa yang orang lain miliki sampai Anda merasa iri, dan menemukan sendiri langkah untuk mendapatkannya.

Buatlah Sebuah Tujuan Yang Jelas
Jika Anda tidak memiliki tujuan dalam hidup, wajar saja jika Anda bukan sadar atas apa pencapaian yang telah Anda miliki. Rasa iri dengan kesuksesan orang lain lebih baik disikapi dengan membuat sebuah tujuan yang inginkan Anda capai. Anda dapat menggunakan langkah tersendiri yang telah Anda ciptakan untuk membantu dalam membuat sebuah tujuan.

Konsisten
Untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuan Anda bukanlah sebuah perkara yang mudah. Anda harus konsisten dan tetap berusaha untuk mencapainya. Meskipun terkadang perjalanan untuk mendapatkannya tidak mulus, namun jangan berhenti dan tetaplah berusaha. Sebagai solusinya, Anda dapat menjabarkan upaya Anda mencapai tujuan tersebut ke dalam hal-hal kecil yang Anda bisa capai setiap hari. Ini akan membantu Anda terus bersikap konsisten terhadap tujuan anda.

Berdoa
Setelah semua hal tersebut di atas telah Anda lakukan, jangan lupa juga untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa dengan berdoa. Berdoa adalah unsur terpenting bagi Anda dalam cara merubah rasa iri menjadi motivasi. Karena setiap hal yang kita lakukan jika itu hal yang positif maka Tuhan akan menyertai setiap langkah Anda.


Demikian tadi sedikit ulasan tentang cara merubah rasa iri menjadi motivasi, dan semoga bermanfaat.