9 Cara Jauhkan ‘Pembajak’ dari Akun Facebook Kita


Bila kamu berfikir sama dengan jutaan orang diluar sana, kamu akan merasa bahwa facebook selama ini menjadi salah satu situs nomor satu yang akan ada di web kamu. Setiap kali kamu menjangkau aplikasi ini dari berbagai perangkat seperti ponsel, komputer, dan laptop, akan ada kemungkinan-kemungkinan bahwa kamu akan mencoba meninggalkan akun facebook tanpa log out. 

Bila kamu memikirkan satu keceribihan dan jika akun kamu berhasil diakses oleh orang asing, maka hal itu akan  membuka sebagian besar celah kecil. Agar semua itu tak memberikan sedikit celah saja orang lain untuk mengakses akun, maka kamu harus serius mencoba melakukan pencegahan akses yang tak diinginkan. 

Ada banyak cara mencegah akses masuk ke akun dari orang berikutnya melalui perangkat. Satu yang bisa membantu kamu paling aman yaitu sudah pasti log out. Namun, bila saja smartphone atau perangkat yang dicuri, hal itu akan menjadi masalah yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan melakukan beberapa pilihan penting yang bisa diambil untuk mencegah orang lain mengakses akun facebook pribadi mulikmu.

  •  Buat password yang lebih kuat


Ketika kamu membuat sebuah password facebook,  sangat dianjurkan untuk membuat sandi-sandi facebook khusus yang berbeda dari jenis akun online lainnya seperti email, blog, hosting dan lain-lain.

Untuk merubah sandi, pergilah ke Account Settings > General > Password. Pilihkan password yang baik, kamu bisa mengkombinasikam pasword antara huruf kecil dan capital atau dengan menggunakan nomor juga simbol. Cara ini akan memudahkan password sulit untuk siingat atau dibaca orang asing. Dan pastikan kamu mengingat atau mencatat semua bentuk pasword yang kamu pilih.

  •  Konfirmasi nomor ponsel


Mengkonfirmasi nomor ponsel adalah satu dari banyaknya cara dalam meningkatkan keamanan akun facebook. Cara ini setidaknya bisa membantu melindungi akun saat ponsel kamu hilang. Atau cara ini bisa dipakain saat tiba-tiba kamu melupakan kata sandi. Langkah ini akan bekerja saat kamu mengkonfirmasi facebook, dan dalam beberapa detik facebook akan mengirimkan sandi baru melalui SMS.

Untuk menambahkan nomor ponsel kamu, silahkan pergi ke Account Settings > Mobile and click on Add a Phone. Pilihah negara dan atur jenis operator selular sebelum selanjutnya mengklik Next.

Sekarang, kamu akan diberi instruksi untuk mengirim SMS ke nomor tertentu. Ikuti petunjuk selengkapnya agar bisa mendapatkan kode lewat SMS. Pada tahap konfirmasi kebenaran, masukkan kode tersebut ke bagian kolom. Pilih juga opsi Share (berbagi) nomor dengan teman tertentu di facebook dan Allow (izinkan) teman-teman agar mereka memberikan tes saya dari facebook. Pilih presensi dan  klik Next.

Sekarang nomor ponsel kamu sudah terdaftar pada facebook, dan ketika dibutuhkan, koneksi ini akan berguna untuk mengaktifkn kembali akun facebook kamu.

  •  Aktifkan Secure browsing.


Untuk memastikan aktivitas browsing facebook kamu aman, mengaktifkan opsi Secure browsing menjadi pilihan selanjutnya. Dengan melakukan ini, secara otomatis kamu bisa membatasi semua aplikasi ekternal yang terintegrasi dengan facebook.

Untuk mulai mengamankan akun, klik menu drop down dari sudut kanan atas akun facebook dan pergilah ke Account Settings. Pilih Security di menu kiri.

Pada bagian Secure Browsing, klik link Edit di sebelah kanan. Panel pilihan akan muncul, ‘check’ bagian kotak Browse Facebook pada koneksi keamanan lalu klik tombol Save Changes.

  • Aktifkan 'Login Approvals'

Login Approvals adalah fitur keamanan jangka panjang yang ditawarkan oleh facebook, dan akan meminta kamu memasukkan kode keamanan setiap kali kamu mencoba mengakses akun facebook dari perangkat yang tak dikenal. 

Untuk mengaktifkan 'Login Approvals', pergilah ke Account Settings > Security, cari Login Approvals dan klik pada tombol Edit.Edit.

Sebuah pilihan untuk megaktifkan 'Login Approvals' akan dimunculkan, centang kotak untuk mengaktifkan.

Sebuah jendela popup akan muncul bersamaan dengan deskripsi dari persetujuan login, klik tombol Set UP Now untuk melanjutkan. Jika kamu sudah mendaftarkan nomor ponsel, facebook secara otomatif akan mengirimkan kode melalui SMS. Masukkan kode tersebut ke kotak yang disediakan dan klik Submit Code. Sekarang kamu telah melengkapi dengan permintaan Login Approvals, klik Next untuk melanjutkan. Selanjutnya, facebook akan menawarkan kamu untuk setup Code Generator dari ponsel; hal ini berguna bila kamu tidak menerima SMS. Klik Continue.

>> Kode Generator untuk ponsel Android
Karena saya memakan ponsel android, saya akan menggunakan aktivasi Android sebagai contoh.
Download Facebook Mobile App dari Google Play bila kamu belum memilikinya. Setelah men-downloadnya di ponsel, klik Next. Setelah ter-download, facebook akan memberikan petunjuk untuk penginstal Code Generator. Untuk menginstalnya, buka Facebook App, tekan menu > Account > Code Generator > Add App. Kemudian klik Finish SetUp di bawahnya.

Sekarang, Code Generator kamu telah aktif, facebook akan memandu kamu dengan langkah-langkah yang benar untuk menggunakan kode generator. Lain kali, bila kamu ingin mmbuat kode baru, cukup dengan membuka aplikasi kamu, ketuk Account > Code Generator dan kode akan tampil. Saar ini, klik Close untuk melengkapi langkah-langkah mengatifkan persetujuan 'Login Approvals'.

  •      Copot ‘Previous Active Sessions’


Previous Active Sessions berguna saat dimana kamu akan login dari dan perangkat yang kamu gunakan untuk mengakses akun facebook. Sekarang untuk memastikan akun kamu aman, mulailah dari Account Settings > halaman Security, carilah ‘Active Sessions‘ dan klik Edit.

Untuk mengaktifkan Previous Sessions yang telah terdaftar, Klik link ‘End Activity‘ untuk mematikan kegiatan dari perangkat lain.

  •  Aktifkan Private Browsing


Cara lainnya mencegah orang lain mengakses akun kamu yaitu dengan mengaktifkan pilihan ‘Private Browsing’ dari browser kamu. Semua browser memiliki penelusuran pribadi ini, aktivitas kamu akan dicatat ke browsing history.

>> Safari :  Safari > Private Browing.

>> Firefox :  Tools > Start Private Browsing.

>>Chrome : File > New Incognito Window.
Jika kamu menggunakan Chrome, ada sebuah pilihan untuk penelusuran menggunakan jendela Incognito, yang merupakan sebuah jendea Chrome dimana semua aktivitas penelusuran tidak akan masuk. 

  •  Hindari ‘Keep Me Logged In’


Saat kamu ingin login ke akun facebook, di bagian Log halaman pertama, ada sebuah kotak kecil yang tertulis Biarkan saya tetap masuk. Pastikan kotak ini tidak dicentang. Kemudian login seperti biasa. Dengan begini, kamu akan dimintai email dan password setiap kali kamu memulai facebook.

  •  Hindari Link Spam
source: www.seosiren.com/wp-content/uploads/2013/10/spam-facebook-without-warning.jpg


Facebook sangat serius terhadap spam dan selalu mengingatkan fitur-fiturnya untuk memastikan kamu tidak menjadi korban penipuan. Beberapa jenis serangan termasuk penipuan uang melalui permintaan lansung atau tidak langsung melalui pesan facebook, chatting dan sebagainya, phinising link yang bisa mengarahkan kamu ke situs palsu, link berbahaya yang dapat mengambil informasi pribadi atau bahkan membahayakan komputer kamu. Ada juga kemungkinan kamu akan menerima email dari ‘facebook’ tetapi sebenarnya berasal dari situs web phishing, modus operandi ini adalah bagian dari scam.

Ada banyak cara menghindarkan kamu menjadi korban (penipuan):
  • Jangan pernah meng-klik link yang mencurigai kapan atau dimana pun kamu menemukannya, bahkan jika itu datang dari teman kamu. Jika kamu menerima link, selalu ambil langkah ekstra untuk meminta teman (memberitahu) link apa tersebut untuk mengkonfirmasi bahwa mereka telah mengirimkannya. Biasanya link tersebut, ‘dikirim’ tanpa sepengetahuan pengirim. Semua link yang masuk ini muncul di Facebook Chat, Message, postingan Status teman atau bahkan dari emailmu.
  •  Jangan pernah memberikan username atau password kepada siapa saja, termasuk situs dengan link yang mencurigakan. Memberikan password secara bebas dapat membahayakan keamanan informasi pribadi facebook kamu.
  • Login (masuklah) hanya di www.facebook.com dan jangan buka dari link atau website lainnya, kecuali jika kamu mengakses melalui Facebook App.
  • Update browser kamu ke versi terbaru untuk memastikan keamanan browser menjadi up to date  sehingga itu akan mendeteksi dan mengingatkan kamu dengan peringatan saat kamu menavigasi ke situs phising yang dicurigai.
  •  Sign Out setelah menggunakan


Terakhir yang paling penting dari semuanya (pasti mengulangi), tidak pernah lupa untuk log out dari akun facebook kamu.