Cara Belajar Fotografi untuk Pemula


Seorang fotografer pemula pasti akan kesulitan bagaimana memulai sebuah project fotografi. Tetapi agar menghasilkan gambar yang sempurna memerlukan teknik yang tak serumit itu. Bagi kamu yang pemula, pasti akan sedikit mengalami kendala sebelum gambar mereka berhasil membuat orang lain merasa kagum saat melihatnya. Jadi mempelajari fotografi bagi pemula adalah hal yang paling utama.


Cara pertama adalah memilih kamera yang sesuai untuk pemotret pemula. Beberapa kamera yang bisa digunakan diantaranya kamera poket, kamera DSLR dan kamera mikroless. Bagi fotografer pemula, kamera saku bisa dicoba untuk melatih kemampuan kamu mengambil sebuah objek. Selain itu, menggunakan kamera saku jauh lebih mudah dibanding mengoperasikan kamera canggih DSRL atau mikroless. 

Cara kedua adalah memahami bagaimana mengatur kamera seperti mengatur eksportur cahaya, mode kamera, auto fokus dan simulator kamera. Baik eksportus maupun mode kamera, setiap kamera mungkin memiliki tingkat akurasi yang berbeda. 

Cara ketiga yaitu mengetahui bagaiman mengambil sebuah objek bidikan yang tajam dan tidak kabur. Untuk bisa menguasai cara ini, kamu memerlukan latihan secara rutin. Pertama-taman kamu bisa memotret sebuah objek dengan men-setting tingkat kejelasan atau kekaburan objek tersebut. Buat latihan dengan memotret objek dari jarak dekat maupun jauh agar kamu lebih mahir. 

Selanjutnya adalah seringlah berlatih dalam memahami dan mempelajari komposisi sebuah foto yang baik dan benar sesuai karakteristiknya. Hal ini akan membuat kamu merasa lebih tertarik mendalami dunia fotografi. Kamu perlu memahami juga karakter pencahaya seperti arah datangnya sinar maupun karakter cahaya supaya objek yang kamu bidik sesuai dengan yang diharapkan. Janganlah ragu untuk mengambil banyak objek agar foto yang kamu dapat sesuai dengan keinginan.

Terakhir, cari refrensi menarik di berbagai sumber seperti pada buku-buku yang membahas tentang fotografi, internet, komunitas dan berbagai sumber lainnya yang bisa membantu kamu mempelajari lebih tentang fotografi. Dan demikian cara memulai  belajaran ilmu fotografi yang mudah dan menarik dilakukan.